PENETAPAN AHLI WARIS DI PENGADILAN AGAMA

Share :

PENETAPAN AHLI WARIS DI PENGADILAN AGAMA

Pentingnya menetapkan ahli waris dalam menangani segala hal yang berkaitan dengan pewarisan. Warisan merupakan kompleks masalah sehingga perlu dicegah terlebih dahulu dengan menunjuk ahli waris.

Bagaimana Sih Penetapan Ahli Waris di Pengadilan Agama itu ?

Apa itu ahli waris? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang berhak mendapat warisan dari yang meninggal. Sedangkan menurut penjelasan Pasal 49 huruf b UU Peradilan Agama, Waris adalah membayar siapa yang menjadi ahli waris, membayar atas harta peninggalan, membayar bagian masing-masing ahli waris, dan melaksanakan pembagian harta peninggalan tersebut, serta menetapkan pengadilan atas permohonan seseorang tentang membayar siapa yang menjadi ahli waris, mengganti bagian masing-masing ahli waris.

Berdasarkan penetapan ahli waris maka pengadilan akan menentukan bagian masing-masing ahli waris guna memperjelas siapa yang berhak menerima warisan dan status apa yang akan diterima masing-masing ahli waris dengan pembagian yang adil. Keputusan tentang ahli waris biasanya dibuat oleh gugatan atas permintaan ahli waris tanpa adanya perbedaan.

Siapa Sih yang Berwenang Mengeluarkan Penetapan Ahli Waris ?

Penetapan Ahli Waris Menurut Pasal 49 huruf b UU Peradilan Agama, bahwa Peradilan Agama bertugas dan memutuskan, memutuskan, dan menyelesaikan perkara waris untuk yang beragama Islam.

Apa Saja Sih Syarat-syarat Pengajuan Permohonan Penetapan Ahli Waris ?

  1. Permohonan penetapan ahli waris yang diajukan oleh semua ahli waris dalam hal ini isi atau formulir permohonan warisan tergantung dari apakah pihak memberikan formulir yang dapat segera dibuat tetapi sekurang-kurangnya memuat hal-hal sebagai berikut: a) data pribadi pemohon, b) alasan atau dasar permohonan, c) objek warisan, d) permohonan yang diperlukan
  2. Akta kematian ahli waris dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (akta kematian);
  3. Salinan akta nikah/salinan akta nikah pewaris
  4. Salinan kartu identitas semua ahli waris
  5. Salinan akte kelahiran semua ahli waris
  6. Salinan Kartu Keluarga
  7. Membayar biaya masalah

Dapat disimpulkan bahwa keputusan penetapan ahli waris penting dalam menentukan siapa ahli waris yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disusun semata mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasehat hukum yang lebih spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan Yuris.id

“Apabila perlu mendapatkan bantuan hukum terkait pengurusan ahli penetapan ahli waris, dapat menghubungi : 0821 4079 2037 (WA) atau www.yuris.id

Leave Your Comment

Tags

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.